Share Your File Here

Minggu, 10 Juli 2011

Tips Merawat PC Desktop

Tips merawat PC Desktop


Komputer saat ini bukan lagi merupakan kebutuhan barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja ketika listrik padam, semua karyawan pada bingung harus berbuat apa karena semua harus dilakukan dengan menggunakan komputer, jadi komputer merupakan sarana kerja yang sangat dibutuhkan saat ini dan saat mendatang.
Sebegitu pentingnya komputer untuk membantu pekerjaan kita sehingga posting kali ini saya mencoba memberikan tips agar merawat pc (personal computer) bisa lebih panjang umurnya.

Tips Perawatan Hardware
- Penempatan Casing tidak berada di depan pemakai komputer untuk menghindari kaki si pemakai komputer (jika tidak memiliki meja khusus komputer)
- Bagi anda yang sering boangkar pasang casing, memori, harddisk, prosesor dan lain-lain yang berada di dalam CPU, agar selalu memasang kabel-kabel penghubung antar dvice dengan benar dan terpasang dengan baik.
- Baut-baut pengancing card-card agar dipasang dan dikencangkan, ini sangat berpengaruh terhadap kerusakan pada card-card yang terpasang apabila baut-baut pengancing card tidak terpasang atau tidak dikencangkan.
- Baut untuk mengancing hard disk agar dipasang lengkap untuk menghindari getaran yang berlebihan pada hard disk karena hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat sensitif terhadap getaran.
-Bersihkan Bagian dalam casing (CPU) dari debu kurang lebih 3 bulan sekali
- Apabila anda adalah pengguna komputer insidentil atau tidak setiap hari atau kadang-kadang saja, maka sebaiknya anda meluangkan waktu sedikit untuk menghidupkan komputer anda sekitar 15 menit agar tidak terjadinya kelembaban berlebihan di dalam CPU sehingga suatu saat nanti digunakan komputer tersebut tidak terjadi hubungan pendek (korslet).

Tips perawatan software
berikut tips-tips untuk merawat software
- Lakukan defrag setiap akhir pekan, agar semua program dan data tersimpan dengan baik
- Install anti virus yang selalu di update agar terhindar dari virus yang mengganggu aktifitas kita dalam menggunakan komputer
- Bila sering menyewa Warnet untuk mendapatkan informasi dari internet sebaiknya anda lebih waspada terhadap virus karena virus lebih banyak beredar melalui jarul internet, apalagi warnet merupakan tempat umum yang bisa dipakai oleh siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus.
- Shutdown komputer secara benar apabila anda tidak menggunakan komputer lagi.

Begitulah sedikit tips dari saya untuk merawat pc kita dirumah agar selalu bsia menemani kita dalam bekerja. Tips ini berdasarkan pengalaman saya dalam merawat pc saya sejak tahun 1988.
Semoga tips-tips yang saya sajikan disini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer.

Selamat berjelajah

credit By : Adrian

0 komentar:

Posting Komentar